4 Alasan Kenapa Listening Susah

Belajar conversation bahasa inggris dengan mudah
March 29, 2015
TIPS BELAJAR DENGAN MEDIA FILM
April 7, 2015

listening TOOGuys, kita semua tahu kok listening itu adalah bagian yang paling susah. Jaman-jaman kalian ujian akhir, pasti deg-degan duluan kalau udah yang namanya ujian LISTENING. Entah karena native-nya yang ngomong terlalu cepat, kata-katanya asing sehingga kalian nggak bisa menangkap maksud yang disampaikan, atau saking nervous-nya, kalian yang biasanya selalu mendengar bahasa Inggris dengan baik malah mendadak jadi bahasa planet Mars saat itu juga.

Kenapa listening bisa dipandang susah? 4 alasan ini saya yakin sudah nggak asing lagi dan bahkan kalian alami. Ayo kita coba analisa!

Salah strategi
Saking banyaknya frase atau idiom dalam bahasa Inggris, atau bahkan kata yang memiliki lebih dari 1 arti, maka akan menjadi strategi yang salah jika kalian mengartikan bahasa Inggris kata demi kata. Ambil aja contoh dalam kalimat simple ini dulu,”This dress doesn’t perfectly fit on me.” Kata yang dicetak tebal bisa berarti ‘pas ukurannya’ dan ‘sehat’. Nggak mungkin kan kalian artikan Baju tersebut tidak sehat sempurna di saya? Lebih tepatnya Baju ini tidak sepenuhnya pas ukurannya dengan badan saya (bisa lebih longgar atau kekecilan).
Jadi ketika mendengarkan, usahakan untuk menangkap ide bukan kata. Baiknya, baiknya ketika latihan sebelum ujian listening dalam bentuk apapun, rekam ide teks tersebut baik yang biasanya berupa percakapan atau news report. Ini akan mempermudah kalian dalam menangkap ide pokok dalam teks yang diucapkan. Banyak-banyak latihan, sudah pasti!

Kosakata yang diucapkan seperti bahasa Alien!
Pernah nonton film Thailand atau film Korea (bagi bukan penggemar sejatinya, hehehe)? Jika pernah, saya yakin apa yang mereka ucapkan terdengar seperti bahasa alien dari planet antah-berantah. Ini berlaku juga bahasa Inggris, sangat buruk sekali jika kalian tidak pernah mendengar sama sekali kata tersebut. Misalnya seperti ini; ‘That’s hilarious!’ jangan sampai kalian menebak-nebak arti kata hilarious jika hanya satu atau dua kalimat teks dalam listening.
Kalau sudah kepepet ketemu ujian mendekati hari H, baca soalnya terlebih dahulu sebelum listening. Hal ini bisa membantu kalian memprediksi tema yang kira-kira muncul serta kosakata yang akan tedengar. Mau lebih mengerti lagi? Catat dan perbanyak latihan.

Terlalu banyak accent

Penyuka film pasti tahu apa itu aksen/ accent. Jika kamu suka menonton Harry Potter atau Narnia yang aksen British-nya kental sekali, pasti bisa membedakan ketika menonton Spiderman atau Thor. Jika kalian pergi ke tempat wisata seperti Kuta dan samar-samar mendengarkan orang asing berbicara, banyak sekali aksen bahasa Inggris yang berasal dari berbagai negara. Belajar lebih sering tentang aksen, lebih baik. Kalian bisa mendengarkan secara online aksen-aksen native yang berasal dari berbagai belahan dunia di www.elllo.org .

Konsentrasi

Satu kata yang terlewat akan membuyarkan konsentrasi kita dalam mendengar. Coba fokus dan konsentrasi ketika sedang latihan listening, karena ingat, kembali ke alasan 1; yang kalian artikan bukan kata per kata, tetapi kalimat dan topik dari listening tersebut. Jika konsentrasi kalian buyar, maka terlewat lah sudah 1 soal yang akan kalian kerjakan. so guys keep listening yaa 🙂

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus