Aturan Penggunaan Tanda Petik Dua (Quotation Marks) dalam Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris, kursus bahasa inggris, les inggris di denpasar, belajar bahasa inggris privat denpasar, kata kerja bentuk ing, gerund, belajar gerund, gerund dalam bahasa inggris
Ada Lho Kata Kerja yang Tidak Bisa Ditambahkan -ing. Temukan Disini!
July 22, 2016
kursus bahasa inggris di bali, les inggris di bali, kursus bahasa inggris terbaik di bali, impossible, possible, impossibility
Belajar Menyatakan Ketidakmungkinan dalam Bahasa Inggris (Impossibility)
July 28, 2016
belajar quotation mark, quotation mark, kursus bahasa inggris di bali, les inggris denpasar, belajarbahasa inggris di denpasar

belajar quotation mark, quotation mark, kursus bahasa inggris di bali, les inggris denpasar, belajarbahasa inggris di denpasarSelain koma, tanda baca yang sangat penting dalam bahasa Inggris adalah tanda petik dua. Salah menggunakan tanda petik dua, bisa-bisa berbeda artinya, lho. Kali ini saya berikan beberapa aturan penggunaan tanda petik dua dalam bahasa Inggris.

Kutipan langsung

Kutipan perkataan langsung adalah aturan pertama ketika kamu ingin menuliskan tanda petik dua. Kamu bisa menambahkannya pada perkataan seseorang tanpa menambahkan ata mengurangi gagasan pembicaraan orang tersebut. Hal ini bertujuan untuk membedakan kalimat langsung dan narasi dalam teks.

Contoh:

 

  • Putra said, “LEC Bali is now at Jalan Raya Sesetan Gang Taman Sari Number 21. Come over if you have spare time.”
  • Daniel told, “I have to stay in Brussels for three years. Sorry, I don’t know how to tell you about this.”

 

Judul

Banyak peraturan tata bahasa yang menganjurkan penggunaan tanda petik dua untuk menuliskan judul. Tetapi kadangkala, kamu lebih cenderung menggunakan cara yang sederhana sehingga tidak begitu memperhatikan penulisan judul, ya nggak?

Jika kamu ingin menggunakan referensi sebuah artikel dalam majalah, essai dalam jurnal ilmiah, atau episode dalam sebuah acara hiburan, gunakanlah tanda petik dua pada judul artikel, essai atau episode, kemudian judul majalah, jurnal dan acara hiburan tersebut ditulis dalam huruf yang dicetak miring.

Contoh:

  • Korean drama “Descendant of the Sun” which is shown on TV channel KBS 2 raised amazing rate this year.
  • Pyongyang subway system is open to tourist! I read National Geographic’s article, “It’s a Museum! It’s a Nuclear Bunker! It’s a North Korea Subway System!” yesterday.

Penekanan suatu kata atau frasa

Tanda kutip dua juga digunakan saat kamu ingin menggunakan penekanan sebuah kata atau frasa, yang memiliki makna tersendiri atau dengan kata lain berlawanan yang arti kata tersebut yang sesungguhnya.

Simple-nya, kamu pakai untuk menyindir (sarkasme) atau melucu (humor).

Contoh:

  • Yeah, I know she’s “perfect” on everything. No need to show it off, actually.
    [Saya tahu dia “sempurna” dalam segalanya. Nggak perlu pamer sebenarnya.]

Dalam kalimat di atas, petik dua digunakan untuk menyindir subjek “she”. Makna yang sebenarnya bisa jadi berarti dia tidak sesempurna yang dikatakan.

  • I suggest you to do not go to that “cheap” beach bar. Unless you don’t love your money.

“Cheap” yang dimaksud bukanlah harga yang benar-benar murah, tapi maksud si pembicara adalah kebalikannya.

Tapi aturan di atas lebih baik dihindari. Lebih dianjurkan untuk menggunakan format italic (miring) daripada petik dua.

Kesalahan Penggunaan Tanda Petik Dua

Ketika kamu ingin memprioritaskan suatu kata, perhatikanlah cara menuliskannya dengan baik. Gunakan cetak miring atau garis bawah untuk kata-kata yang bermakna penting dalam suatu pemberitahuan, pengumuman atau iklan.

Contoh yang tidak tepat:

  • “ATTENTION! This room must remain “opened”.” bisa bermakna bahwa “We can close this room”.

Contoh perbaikannya:

  • “ATTENTION! This room must remain opened.”

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC BALI  Kursus Bahasa Inggris di Bali akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Jalan Raya Sesetan Gang Taman Sari No 21 Sesetan – Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor (0361) 4749517 / 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

 

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus