Beberapa Sapaan Dalam Bahasa Inggris

Belajar Regular dan Irregular Verb
May 12, 2015
Praktek Kunci Lancar Berbicara bahasa Inggris
May 18, 2015

hi lec baliSelama duduk di bangku SD, SMP, SMA hingga bangku kuliah, jika kalian mempelajari introduction dalam bahasa Inggris, maka kalimat pertama yang akan muncul dalam textbooks adalah :

“Hello, how are you?”

… dan selanjutnya akan mendapat jawaban seperti ini:

“I’m fine, and you?”

Salam jenis ini tentu benar dalam tata bahasa Inggris yang sopan. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah sapaan tersebut tidak selalu digunakan di lingkungan keluarga atau teman. Kenyataannya dalam praktek sehari-hari pun memang kata ‘hello’ jarang sekali terdengar.

Artikel kali ini akan membahas tentang sapaan casual yang terdengar lebih ‘friendly’ untuk menyapa teman atau keluarga, jadi nggak terlalu formal gitu ya, guys. Yuk kita simak!

  1. Hi

“Hi” adalah bentuk simple dari hello, yang terdengar sedikit lebih friendly, tentu aja tergantung dari bagaimana kamu mengucapkan kata Hi ini. Sapaan “Hi” mungkin sapaan informal yang bisa digunakan untuk semua kalangan baik dengan orang yang lebih tua, dokter, guru, teman, etc.

Misalnya:

Hi Jane! How’s it going?

Hi John! It’s going really well, how about you?

  1. Hey

“Hey” juga digunakan hampir sama dengan “hi” dan kesannya lebih casual yah. Kalau di barat sono, kata “Hey” ini mungkin menjadi the most-used greeting amongst people dan familiar untuk digunakan satu sama lain. Simple-nya, nggak ada yang nggak tahu kata “Hey” untuk menyapa orang lain. “Hey” juga bisa untuk menarik perhatian orang dengan pengucapan nada yang lebih tinggi. Let’s look at some examples:

Hey Trav, how are you doing?

Oh hey! I’m doing good!

NOTE:I’m doing good” sebenarnya bukan kalimat yang benar sesuai grammar. Lebih tepatnya kamu bisa bilang, “I’m doing well /fine.” Tapi orang-orang kebanyakan mengatakan “I’m doing good” pada percakapan sehari-hari. Udah kebiasaan, gitu.

Hey Mom, how’re you?

Hey, good

Mari kita lihat bagaimana kata “Hey” digunakan untuk menarik perhatian:

Hey Josh! Look over here, someone got an accident!

  1. Yo!

“Yo” digunakan oleh kalangan anak muda dalam percakapan sehari-hari sebagai bahasa gaul (slang). Rasanya nggak etis kalau Yo digunakan untuk orang-orang yang lebih tua atau yang lebih dihormati. Biasanya sih untuk menyapa teman-teman yang sering banget ketemu. It may not be a good idea to say “yo” to your parents, teachers, or elders in general, see?

Yo man, what’s up?

Not too much man, I just woke up, you?

What’s up? / Sup? / Wassup?

What’s up adalah phrase yang sangat sangat casual untuk menanyakan kabar atau bertanya ‘lagi ngapain’. Nah, respon umum yang digunakan untuk menjawab adalah “not much” atau “not too much”, dan diikuti oleh penjelasan selanjutnya, misalnya dia lagi ngapain, atau kejadian apa yang sedang dialami saat itu.

What’s up Mike?

Yo! Not much, what’s up with you?

Penggunaan what’s up di dunia maya beda lagi nih. Jika kalian suka chat di suatu forum berbahasa Inggris, pasti kalian sering menemukan kata what’s up yang disingkat menjadi ‘sup?’. Contohnya begini:

Sup?

Nm u?

Dimana “sup” adalah kependekan dari “what’s up” dan “nm” kependekan dari “not much” (duh rempong!). Mirip-mirip SMS jaman tahun 2005 an tuh kalo nanya “lagi apa?” tapi disingkat jadi “g pa?” dan yang jawab balesnya ‘ga ngp2, u?’ kependekan dari “ga ngapa-ngapain, kalo kamu?”.

  1. Sebut namanya

Menyebut nama orang ketika menyapa memberi nilai plus lho, karena ketika kalian bisa mengingat nama si teman, secara tidak langsung ia akan merasa sangat dihargai.

Hi Tina, how are you?

Hey Bim! I’m good! What’s up?

Masih banyak alternative lain yang bisa kamu gunakan, such as penyebutan Buddy dan juga bisa menambahkan there seperti pada Hi there! Jangan khawatir kehabisan stok sapaan selama kalian bisa melihat personality mereka. Ketika kamu ragu bagaimana memulai menyapa orang, kamu cukup tunggu aja gimana cara dia menyapa kamu duluan.

Bagaimana, sudah bisa dimengerti? Nah, jika kalian memiliki pertanyaan, LEC akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Tukad Pancoran Gang VII No. 4, Panjer Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 0857 9203 2742 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

3 Comments

  1. NICE LESSON… IT’S ABSOLUTELY HELPFUL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus