Belajar Future Perfect Tense

Bedanya Tes IELTS dan TOEFL (iBT)
September 27, 2015
Posting pertama – Memahami “Degrees of Comparison”
October 2, 2015

cara mudah belajar bahasa inggris, cara mudah belajar tenses, rumus future perfect tense, tensesBerapa banyak tenses yang hingga saat ini kamu sudah kuasai?

Dari 16 jenis tenses yang dikenal di Indonesia, kali ini kita akan membahas salah satunya, yaitu Future Perfect Tense. Tenses ini masuk ke dalam 12 tenses umum yang sering digunakan dari keseluruhan jenis tenses yang ada.

Sebenarnya apa sih tujuan mempelajari Future Perfect Tense? Tenses yang satu ini digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang dimulai di masa lampau, saat ini, atau di masa depan namun kemudian kegiatan tersebut sudah akan diselesaikan di masa depan.

Bingung? Saya beri contohnya seperti di bawah ini deh:

  1. Nina mulai membuat kue sejak 30 menit yang lalu dan sudah akan selesai satu jam kemudian.
  2. Ketika dia berangkat ke Thailand lusa, saya yakin dia sudah akan mengunjungi beberapa tempat terkenal.

Nah, dari kedua contoh kalimat tersebut, ada satu pekerjaan yang sama di setiap kalimatnya yang dimulai dan akan mereka selesaikan pada suatu waktu yang spesifik di masa depan.

Bagaimana susunan kalimatnya?

Jika pada pola Perfect Tense kita menggunakan have + Past participle (atau verb ketiga) untuk membuat kalimat yang berarti ‘sudah selesai’, nah, kalau di Future Perfect Tense, kalian hanya tinggal menambahkan ‘will’ di depannya sehingga pola kalimatnya menjadi Will + have + Past Participle (Verb 3).

Will + Have maksudnya “akan telah” atau suatu kegiatan yang akan telah selesai di masa depan.

Tetapi jika dalam kalimat tidak menggunakan kata kerja (noun – kata benda, adjective – kata sifat atau adverb – kata keterangan), maka kamu harus mengganti polanya dengan:

Will + have + been + Noun/Adjective/Adverb

Contoh sederhananya bisa dijabarkan seperti ini:

  1. Will have eaten sushi
  2. Will have built the skyscraper
  3. Will have arrived in Denpasar
  4. Will have brought something from the market
  5. Will have finished sweeping the floor
  6. Will have baked the cake
  7. Will have been ten years

Contoh-Contoh Kalimat Perfect Future Tense

Beberapa contoh di bawah semoga bisa menambah wawasan kalian guys ☺

  1. Sinta’s family is in Soekarno Hatta Airport now and will have arrived in Denpasar an hour later. (Keluarga Sinta ada di bandara Soekarno Hatta sekarang dan akan (telah) tiba satu jam kemudian.)
  2. My brother will have been ten years in 2017. (Saudara laki-laki saya akan berumur 10 tahun pada 2017.)
  3. The skyscraper will have built in 2020. (Gedung pencakar langit itu akan selesai dibangun pada tahun 2020).
  4. In about two hours, I will have written at least 5 articles. (Dua jam ke depan, saya akan sudah menyelesaikan paling sedikit 5 artikel).

Well, semoga artikel kali ini bisa membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris. Happy reading

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Tukad Pancoran Gang VII No. 4, Panjer Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus