Cara Melatih Speaking Bahasa Inggris Agar Terdengar Alami

Apa Bedanya Finite dan Non-Finite Verb?
September 10, 2015
kursus bahasa inggris di bali, gerund dan infinitive, cara mudah belajar gerund
5 Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive
September 20, 2015
kursus bahasa inggris, kursus bahasa inggris di bali, belajar bahasa inggris, english conversation, speaking bahasa inggris, melatih speaking bahasa inggris, kursus bahasa inggris

kursus bahasa inggris, kursus bahasa inggris di bali, belajar bahasa inggris, english conversation, speaking bahasa inggris, melatih speaking bahasa inggris, kursus bahasa inggrisSeperti yang pernah kita bicarakan dalam post sebelumnya tentang dasar-dasar berbicara bahasa inggris kita tahu bahwa salah satu hal penting yang mencakup aspek bahasa Inggris adalah speaking, utamanya dalam persiapan untuk menghadapi tes speaking IELTS dan TOEFL (IBT). Kadang-kadang rasa takut pasti terbersit di benakmu saat berbicara di hadapan penguji. Apakah penguji akan mengerti apa yang kamu ucapkan atau tidak, bagaimana kualitas pronunciation-mu nanti, dan sebagainya. Cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan mulai sekarang, selain belajar pengucapan dengan vokal yang jelas, cara lain adalah mungkin dengan menetralisir aksen bicara kamu. Meski aksen berbahasa tidak lah memperngaruhi skor penilaian, namun hal tersebut cukup berpengaruh agar saat berbicara kamu terdengar netral untuk memberi kesan baik pada penguji. Jika demikian, yang sebaiknya kamu lakukan hanyalah berlatih berbicara dalam bahasa Inggris senyaman dan sesempurna mungkin seperti kamu berbicara dengan bahasa ibu kamu. Bagaimana caranya? Tanamkan praktik tertentu dalam aktivitas keseharian kamu. Dengan demikian aksen kamu akan semakin mirip dengan pembicara bahasa Inggris sebagai bahasa ibu. Berikut tips lainnya yang bisa kamu praktikkan.

  1.    Pelajari pergerakan mulut pembicara bahasa Inggris dengan baik dan cobaah menirukannya.

Saat kamu menonton televisi, pelajari pergerakan mulut si pembicara. Ulangi apa yang mereka ucapkan, sambil meniru intonasi dan ritme bicara mereka. Pilihlah tayangan yang ritmenya tidak terlalu cepat. Di Youtube banyak kok, video latihan speaking.

  1.    Hingga kamu mempelajari intonasi dan ritme bahasa Inggris yang benar, pelankan ucapan kamu.

Orang Indonesia seringkali terlalu cepat saat berbicara bahasa Inggris, alasannya agar terlihat pintar dan menguasai. Padahal, jika kamu berbicara terlalu cepat, dengan intonasi dan ritme yang salah, pembicara lain akan mengalami kesulitan memahami maksudmu. Bukan berarti kamu juga harus berbicara sangat lambat. Belajarlah perlahan dengan teman, tetapi pelajari juga intonasi dengan ritme normal dengan seorang native. Intinya, semua yang kamu ucapkan dapat dipahami.

  1.    Gunakan kamus

Coba dan akrabkan diri dengan simbol fonetik kamusmu. Perhatikan pengucapan kata yang benar yang sulit diucapkan.

  1.    Buatlah daftar kata-kata yang sering digunakan

Rekamlah kata-kata ini,yang menurutmu sulit diucapkan dan tanyakan pada seseorang yang dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik untuk mengucapkannya dengan benar. Dengar dan latihlah mengucapkannya. Dengarkan dan baca pada saat yang bersamaan.

  1.    Belilah buku yang dilengkapi kaset/CD

Biasanya ketika kamu membeli buku latihan bahasa Inggris, kamu akan menemukan kaset yang harus diperdengarkan ketika kamu latihan berbicara atau mendengar. Rekamlah suaramu ketika membaca beberapa bagian buku. Bandingkan suara bahasa Inggris hasil rekamanmu dengan native dari buku tersebut di dalam kaset/CD.

  1.    Ucapkan akhiran setiap kata.

Beri perhatian khusus pada akhiran ‘S’ dan ‘ED’. Hal ini akan membantu memperkuat otot mulut kamu yang kamu gunakan saat berbicara bahasa Inggris sehingga terdengar jelas.

  1.    Membaca bersuara dalam bahasa Inggris selama 15 – 20 menit setiap hari

Penelitian menunjukkan bahwa diperlukan tiga bulan latihan setiap harinya guna mengembangkan otot mulut yang kuat untuk berbicara bahasa yang baru.

  1.    Rekamlah suaramu sendiri dan dengarkan kesalahan pengucapannya.

Banyak orang tidak suka mendengarkan suara mereka dan menghindari mendengarkannya. Namun, latihan demikian sangatlah penting karena dengan melakukannya akan membantu kamu lebih menyadari kesalahan yang kamu buat. Metode ini cocok sekali bagi kamu yang suka narsis, menganggap suaramu paling merdu sedunia. 😀

  1.    Bersabarlah

Kamu dapat mengubah caramu berbicara, namun tak akan terjadi dalam semalam. Banyak orang seringkali mengharapkan hasil yang instan dan terlalu cepat menyerah. Sedikit usaha akan cepat membantu.

Nah jika kalian memiliki pertanyaan seputar bahasa Inggris dan bantuan dalam belajar, LEC Bali akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Tukad Pancoran Gang VII No. B4, Panjer Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus