Colon /:/ vs Semicolon /;/

adverb of certain, kursus bahasa inggris di bali, les inggris di bali, kursus bahasa inggris privat denpasar, kursus bahasa inggris
Adverb of Certainty dan Penggunaannya
January 31, 2017
Tahukah Kamu Kalau “Thus”, Tidak Sama dengan “This”?
February 23, 2017

Hello LEC friends!

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan perbedaan penggunaan dari titik dua dan titik koma atau yang colon vs semicolondalam bahasa Inggris disebut dengan istilah colon (:) dan semicolon (;). Dua simbol yang menjadi tanda baca ini akan kita bahas secara terpisah ya!

Sebagai tanda baca, colon (:) memiliki tiga jenis kegunaan yang berbeda.

  1. Untuk memperkenalkan sebuah list atau daftar atas sesuatu.
    Contoh: With this price, you will get the following items: return ticket, accommodation for 3 days 2 nights, breakfast, and entrance ticket to tourism objects.
  2. Digunakan sebelum tanda petik satu/ quotation, dan kadang-kadang dia berubah menjadi direct speech.
    Contoh: My brother shouted: ’Don’t take the last apple pie!’
  3. Diletakkan di antara dua klausa utama, yang mana klausa kedua menjelaskan yang pertama.
    Contoh: It was hard: to begin with, I had to find the right person.

Di sisi lain, semicolon (;) digunakan untuk menandai jeda pada sebuah kalimat, namun fungsinya lebih kuat ketimbang comma (,) namun kalimat tersebut belum selesai dan tidak bisa menggunakan full stop (.)
Contoh: The road runs through a beautiful wooded valley; the railway line follows it.

Tanda baca ini digunakan diantara dua anak kalimat yang masih memiliki keterkaitan makna dan bisa dikatakan belum bisa dipisahkan.
Contoh: Some people write with a word processor; others write with a pen or pencil.

Semicolon (;) juga digunakan dalam beberapa daftar dalam satu kalimat yang menggunakan koma, fungsinya untuk menghindari kebingungan antara daftar yang digunakan.
Contoh: There are two ways to write: with a pen, which is easily accessible; or by computer and printer, which is faster.

Yap, itu dia penjelasan antara colon dan semicolon. Semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian dalam belajar Bahasa Inggris lebih lanjut ya.

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC BALI Kursus Bahasa Inggris di Bali akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Raya Sesetan Gang Taman Sari No. 21 Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 0361 4749517 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

 

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus