How to handle complaints ( bagaimana cara menangani complain )

Percakapan bahasa inggris dengan reservasi “Booking hotel”
November 11, 2019
Contoh kalimat dengan menggunakan comparison degree
November 19, 2019

Kita sebagai pekerja, baik yang kantoran maupun freelance, pastinya sering menghadapi yang namanya complain dari customer kita, baik itu memang, kesahana dari dia, maupun dari pihat kita sendiri,  nah di saat kita berada di posisi ini, dibutukan beberapa hal atau sikap yang perlu kita lakukan agar masalah atau complain tersebut bisa segera teratasi. Dalam menghadapi masalah tersebut tentunya di butuhkan ketenangan dan jangan langsung panic, ya walaupun rasa itu pasti muncul.  Dan berikut ini  beberapa langkah – langkah yang perlu kita lakukan dalam menangani complain tersebut, yaitu :

  1. Asking sorry, ( Meminta maaf ) dalam hal ini, ketika tamu complain, yang pertama kita lakukan adalah meminta maaf, ya walaupun mungkin kesalahan tersebut bukan bersumber dari kita, tapi dengan permintaan maaf akan membuat susasa lebih adem, karena dengan meminta maaf juga, kita menunjukkan kita ingin yang terbaik buat tamu atau customer.
  2. Listening ( mendengarkan ), pada saat kita mendapat complain  dari tamu atau customer, mendengarkan semua omelannya atau unek uneknya adalah hal yang terbaik, dan tidak perlu interupsi, karena disaat kita sering menyela omongannya, hanya akan membuat masalah baru,jadi dengarkan semua keluhanannya sampai dia sudah selesai , baru kita menawarkan solusi atau interupsi.
  3. Giving new solution ( memberikan solusi baru ) ketika, tamu sudah menyampaikan semua keluh kesahnya, kita harus bisa berpikir cepat, Contoh, jika memang tamu memesan minuman, yang tadinya request tanpa gula, tapi bartender, lupa dan mencampur gula, solusinya, bisa langsung diganti dengan minuman yang baru tanpa ada biaya tambahan.
  4. Calling manager ( memanggil manager ) kadang kita sudah memberikan solusi yang terbaik, tapi terkadang, tetap saja kadang tamu tersebut merasa belum puas dengan apa yang kita tawarkan, dan ketika kita sudah merasa give up menghadapi komplain tersebut, ada baknya diskusi dengan manager kita, biar manager kita yang handle atau memberikan solusi  untuk komplain tamu tersebut.

Nah itu beberapa langkah langkah yang perlu kita lakukan, disaat kita menghadapi complain dari tamu atau customer,intinya mendengarkan  omelan customer akan jauh lebih baik, tanpa interupsi, dan tamupun akan merasa lebih puas, karena kita tidak menyela omongannya. Dan bagi teman teman juga yang ingin belajar lebih, bisa langsung menghubungi Lec bali, di jalan raya sesetan gg taman sari no 21, telp 081 338 725 123,  dan bisa juga mengikuti  online test kita di https://testmoz.com/541103#student

Lec bali

Your English solution

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus