Kapan Harus Menggunakan Good dan Well?

Idiom Musik yang Berkaitan dengan Business English
February 6, 2019
Slang tentang Pakaian
February 15, 2019

Ketika kamu bertemu seseorang, normalnya, kalimat basa basi atau pertanyaan pertama yang diajukan pasti apa kabar atau how are you, how are you doing. Nah sebagai respon, biasanya kita menjawab “I’m good” atau “I’m well.”

Meskipun terdengar spele karena sering diucapkan, bahkan hampir setiap pertanyaan tersebut diajukan, kamu mungkin masih berpikir, kira-kira, frase mana sih yang tepat untuk menjawab pertanyaan how are you? Apa harus menggunakan good atau well ya? Okay, saya akan coba bahas dalam artikel ini.

Seperti yang kita semua tahu, kata ‘Good’ merupakan sebuah kata sifat atau adjective. Kita menggunakannya saat mendeskripsikan sebuah kata benda ‘dalam kualitas yang baik’ atau ‘menyenangkan’.

Contoh: This cake tastes good.

Sementara itu, ‘Well’ merupakan sebuah kata keterangan atau adverb, digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan cara yang baik atau menyenangkan.

Contoh: She plays the piano really well.

Selain itu, ketika membicarakan kegiatan atau acara, kata well juga boleh digunakan.

Contoh:

  • My day had been going so well prior to her call.
  • I get along well with my colleagues.
  • You sing very well.

Apakah ‘Good’ bisa berfungsi juga sebagai kata keterangan?

Yep, tentu saja! Tetapi mungkin bagi sebagian orang ini menjadi agak membingungkan karena kata ‘good’ berfungsi sebagai kata keterangan pada informal speech atau writing (percakapan atau tulisan informal).

Contoh: The prescription works good with my diet. The new trainee is doing really good. (informal)

Jika kamu ingin menggunakan kalimat di atas dengan tipe yang lebih formal, kata ‘well’ akan lebih cocok.

Menjadi: The prescription works good with my diet. The new trainee is doing really well. (formal)

Sebaliknya, apakah ‘Well’ bisa berfungsi juga sebagai kata sifat?

Masih memungkinkan, tidak ada yang salah dengan ini 🙂

Misalnya saja saat seseorang menanyakan kondisimu yang baru saja sembuh dari sakit, kamu bisa menggunakan kata well untuk menjawabnya. Seperti contoh di bawah ini:

Q: How are you? I heard you were admitted to the hospital.

A: I’m well now, thank you very much. Just a bad case of dehydration.

Dalam konteks kalimat ini, menggunakan frase “I’m well” lebih cocok karena mengandung makna yang lebih spesifik ketimbang ‘good,’ menyatakan bahwa kamu sudah dalam keadaan yang lebih baik setelah sakit.

Semoga ulasan tentang good dan well di atas dapat membantu kosakata mu ya! Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC Kursus Bahasa Inggris di Bali akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Raya Sesetan Gang Taman Sari No. 21 Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus