Mau Say Hi ke Bule Tanpa Terdengar Aneh? Coba Cara Ini!

Kapan Menggunakan “Polite English” ?
March 23, 2016
belajar bahasa inggris dari film, kursus bahasa inggris di bali, les private bahasa inggris
4 Tips Menjadikan Film sebagai Media Belajar yang Efektif
March 27, 2016

kurus bahasa inggris di bali, les inggris di bali, kursus bahasa inggris denpasar, belajar bahasa inggris denpasar, menyapa dalam bahasa inggrisHi, Pals!

Yak, hari ini saya akan mengajarkan tentang bagaimana cara menyapa orang (bule) agar nggak terkesan kaku dan aneh. Kita sudah sering membahas ini, tapi setelah melalui beberapa pengalaman sama banyak jenis bule mengenai cara say hi secara non-formal ini, ada beberapa hal yang saya rasa kamu perlu ketahui.

Uhm, okay. Kita mulai dulu cara kita menyapa yang sudah dianggap out-of-date dan textbook banget:

“How are you today?”

“I’m fine, thank you, and you?”

“How do you do?”

Sekarang… lupain jauh-jauh.

Ya, kamu bisa pakai kalimat-kalimat di atas, tapi saya sarankan kamu hanya menggunakannya dalam situasi formal. Berbicara seperti itu dengan bule akan sangat dianggap kaku.

Belajar bahasa Inggris nggak sama dengan bahasa Jepang, Korea atau Mandarin yang punya bahasa sesuai umurnya. Menggunakan informal speech dalam bahasa Inggris tidak dianggap kasar. Tambahin aja segaris senyum manis.

Berikut adalah beberapa tips untuk bertanya-jawab ‘normal’ ala bule:

  • “How’s it going?”

Kalimat di atas sama seperti menanyakan “How are you?”.

  1. Jawablah dengan: “Yeah, it’s good, you?”. Jangan jawab dengan “I’m good”, tetapi balas dengan“It’s good.” Ini karena merujuk kepada situasi. It–situasinya–is good.
  2. Kamu juga bisa merespon dengan: “Not bad.” Atau jawab dengan pengulangan: “Not bad, not bad.” Ingat! not bad = good.
  3. Jika kamu menanyakan balik ke mereka kalimat di atas, mereka akan menjawab dengan “It’s good.” jika situasi mereka sedang baik “Not so good” atau “It’s not good” jika kebalikannya.
  4. Kalau kamu sedang mengalami hari yang kurang mengenakkan, nggak apa-apa loh kamu baper alias bawa perasaan, hehehe. Orang British sering menggunakan respon berikut jika kamu menjalani hari yang kurang menyenangkan:
  • “Pretty shit, to be honest.”
  • “Crap.”
  • “I’m having such a bad day.”
  1. Orang Amerika biasanya lebih sering mengatakan “awesome” untuk pertanyaan di atas, entah mereka mengalami hal buruk maupun baik. Boleh nih ditiru, guys!
  • What’s the craic?”

Ini merupakan variasi lain untuk menanyakan kabar, atau diartikan “What’s been happening?” Awalnya frase ini berasal dari Irlandia, tapi sekarang digunakan dalam British dan American English.

Respon yang cocok adalah, “Not much, what’s the craic with you?”

  • “How’s it hanging?”

Variasi lain dari  “How’s it going?” dan merupakan slang-nya American English.

  • “What have you been up to?”

“What ya been up to?” dan “What’ve ya been up to? memiliki makna yang sama. Respon yang sesuai adalah tentang apa yang kamu kerjakan baru-baru ini:

“Well, yesterday I went to the cinema with my friends, and I’ve been studying a lot. What about you?”

Tapi sebenarnya nggak perlu details, sih. Orang sana biasanya membubuhkan “This and that,” atau “Ah, you know, same old, same old,” atau “Bits and bobs.” untuk sesuatu yang dilakukan sehari-hari.

Coba lihat percakapan di bawah:

1: “Alright? How’s it going?”

2: “Alright. Yeah, not bad. What ya been up to?”

1: “Ah, you know, this and that. Same old, same old. You?”

2: “Yeah, not much. Lots of school work, bits and bobs.”

  • “Catch ya later”

Frase di atas merupakan sebutan lain dari “goodbye”. Pada dasarnya frase tersebut memiliki arti ‘see you soon’ dan penggunaannya bisa dilihat pada contoh di bawah:

“Alright, mate. Good seeing ya. Catch ya later. Take care, yeah.”

Sebutan lain adalah “Cheerio.” Jadul sih kalau orang sana bilang, but sounds friendly and fun!

Semoga penjelasan di atas dapat membantu kamu dalam berkomunikasi dengan orang bule agar nggak selalu mengikuti aturan textbook. Apa kamu punya sapaan jitu untuk memulai ngobrol dengan bule?

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Tukad Pancoran Gang VII No. 4, Panjer Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution!

Cheerio!

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus