Word Families; Belajar Bahasa Inggris dalam Mengingat Kata Baru. Ayo Dicoba!

kursus bahasa inggris di bali, les private bahasa inggris di bali, cara mudah belajar bahasa inggris di bali, penggunaan cent dan dollar
Menyatakan Jumlah Uang dalam Bahasa Inggris
January 8, 2016
Live” vs “Stay
January 14, 2016
words formation, kursus bahasa inggris di bali, les private bahasa inggris di bali, lec bali

words of famili, lec bali, kursus bahasa inggris di baliHmm.. kira-kira apa yang kamu lakukan jika kamu ada di negeri orang, perut lagi keroncongan dan muncul keinginan mampir di café hanya untuk beli minum atau cemilan? Apesnya lagi kamu belum begitu fasih bahasa Inggris. Aduh!
Yak, saya tebak kamu pasti langsung mengambil smartphone dan mengetik google translate kemudian mengaktifkan fitur suaranya. Tapi berdoa saja semoga mereka mengerti dengan hasil terjemahannya.
Sejauh ini, google translate terkenal dengan kemampuan translasi tanpa bumbu grammar yang baik, jadi jika mereka tidak mengerti apa yang Google ucapkan, itu karena kamu mungkin nggak bisa mendapatkan grammar yang tepat disitu.
Grammar itu memang tidak selalu penting untuk percakapan casual. Saya nggak bilang tidak penting sama sekali loh ya, tetapi ada yang lebih penting dalam belajar bahasa yaitu KATA alias vocabularies. Kalau kamu nggak punya kata yang tepat atau benar pengucapannya, buat apa? Bisa-bisa orang mengartikan saat mendengarnya.
Ibaratnya, seperti perumpamaan situasi di atas, tidak ada satupun grammar yang bisa membantumu untuk mendapatkan secangkir kopi jika kamu nggak tahu bahasa Inggrisnya “kopi”.
Lalu, bagaimana caranya kamu mengingat kata? Salah satu metode yang saya tuliskan disini yaitu menggunakan metode Word Families. Apa itu?
Metode ini menggunakan kata-kata yang berkaitan. Kita ambil saja contoh “HAPPY”. Siapa tahu setelah membaca ini, kamu akan jadi lebih happy karena sudah memahami satu metode ini! 🙂
Jika kata HAPPY ini adalah kata baru bagi kamu, cari artinya di kamus, tapi JANGAN berhenti walaupun kamu udah tahu artinya! Selanjutnya, tanyakan ini ke diri sendiri:
‘Jenis kata apakah “happy” itu?’ – adjective.
Apa lawan katanya?’ – unhappy.
‘Bagaimana dengan bentuk adverb-nya?’ – happily. – (Note the change in spelling ‘y’ to ‘i’).
‘Apakah ada lawan kata untuk bentuk adverb-nya?’ – Yes! – unhappily.
‘Apakah ada bentuk kata benda/ noun?’ – Yes!! – happiness.
‘Apa kita bisa mengucapkan ‘unhappiness’ untuk lawan katanya? – Yes!
‘Bisakah berbentuk kata kerja?’ – No! Tapi kita bisa bilang ‘to be happy’; dibantu oleh to be.
Jadi, dari satu kata, kamu sebenarnya bisa belajar enam sekaligus! Kamu hanya perlu latihan dan niat untuk nyari-nyari artinya di kamus, browsing online untuk contoh kalimat, dan sebagainya. Dengan menggunakan teknik ini, otak kamu akan ‘bermain’ dan pasti akan mengingat kata lebih lama.
Ayo tantang dirimu sendiri untuk belajar bahasa Inggris dengan metode ini! Kalau bisa, share di kolom komentar ya!
Semoga kalian mengerti dengan penjelasan di atas. Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, LEC akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!
Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.
Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Tukad Pancoran Gang VII No. 4, Panjer Denpasar Selatan – Bali atau segera telepon ke nomor 081 338 725 123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!
LEC Bali, We are your English solution!

Sebarkan informasi ini~Share on Google+0Pin on Pinterest0Tweet about this on Twitter0Share on TumblrShare on Facebook0Share on LinkedIn0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftar Kursus