Artikel

Vocabulary Di Bandara

kosa kata di bandara, istilah di bandara

istilah di bandara, kosa kata di bandara,Hi guys, sudah pernah bepergian menggunakan transportasi udara alias pesawat terbang? Bagi yang sudah pernah memasuki bandara internasional mungkin sudah tidak asing lagi dengan kosakata yang sering dijumpai dalam bahasa Inggris. Nah, jika kalian baru pertama kali dan bingung harus gimana, kalian harus mengenal kosakata penting ini terlebih dulu:

1. Airline (N)
Nama dari perusahaan yang mempunyai pesawat. Misalnya Singapore Airlines dan British Airways. Contoh: I love Singapore airlines because the service is quite good.(Saya menyukai Singapore airlines, karena pelayanannya sangatlah bagus.)
2. Arrivals (N)
Ketika kamu sampai ke suatu bandara, maka keluarga atau teman kamu akan bertemu di arrivals. Contoh: She will meet you in the arrivals longue at 3. (Dia akan menemuimu di arrivals longue pukul 3.)
3. Boarding pass (N)
Setelah kamu diinformasikan mengenai perusahaan pesawat yang kamu tumpangi dan kamu telah melakukan cek terhadap bawaan kamu, maka akan ada boarding time untuk menunjukkan dimana pesawat yang akan terbang dan dimana kamu duduk. Contoh: This is your boarding pass, sir. I inform you that you will be boarding at gate 23.
4. Boarding time (N)
Waktu dimana orang-orang boleh atau diizinkan untuk mulai masuk ke pesawat. Contoh: Please move to the front of the line soon because the boarding begin in 5 minutes.
5. Book (a ticket) (V)
Ketika kamu book a ticket berarti kamu suah memesan dan membayar tiket kursi pesawat. Contoh: Have you booked the ticket? (Sudahkah kamu memesan tiket?)
6. Business class (N)
Business class merupakan sebuah kursi dimana orang-orang yang ada duduk disitu membayar jauh lebih mahal dibandingkan dengan economy class dan tentunya mendapatkan pelayanan-pelayanan spesial yang tidak ditemukan di economy class. Contoh: I need a business class ticket because I have to meet a client in India next week. (Saya memerlukan sebuah tiket business class karena saya harus bertemu dengan seorang klien minggu depan.)
7. Carry on (luggage) (N)
Barang bawaan yang boleh kamu bawa ke pesawat. Biasanya beratnya tidak lebih dari 8 kg. Contoh: Sir, your carry on is too heavy and it can’t be brought into the plane.(Pak, barang kamu terlalu berat dan itu tidak dapat dibawa masuk ke dalam pesawat.)
8. Check in (V/N)
Setelah diperiksa menggunakan X-Ray, maka kita menuju check in counter dimana kita harus menyiapkan tiket, kartu identitas, serta membayar airport tax. Contoh: I saw more than 45 students who were checking in with me. (Saya melihat lebih dari 45 siswa yang sedang check in bersama saya.)
9. Conveyor belt/carousel/baggage claim (N)
Ketika pesawat kamu telah sampai, koper dan tas kamu akan berada di sebuah ban berjalan yang dinamakan dengan conveyor belt, carousel, atau baggage claim. Contoh: Pick your bags on the carousel 5. (Ambil tas kamu di carousel 4.)
10. Customs (N)
Sebelum kamu diizinkan untuk masuk ke suatu Negara, kamu harus melewati proses yang dinamakan custom dimana kamu akan bertemu petugas. Mereka akan memeriksa apakah kamu membawa barang-barang illegal seperti senjata api, uang yang terlalu banyak, atau obat-obatan.
11. Delayed (Adj)
Jika penerbangan kamu delay, maka itu berarti penerbangan tersebut terlambat. Penyebabnya bermacam-macam misalnya karena lalu lintas penerbangan yang terlalu padat, cuaca buruk, dan masalah teknis. Contoh: The flight has been delayed and my departure will be at 4.30.
12. Economy class (N)
Kelas pesawat yang murah dan biasanya digunakan oleh orang-orang biasa atau turis. Contoh: I want you to book me a ticket for economy class. (Saya ingin kamu memesankan saya sebuah tiket kelas ekonomi.)
13. First class (N)
First class tentunya jauh berbeda dengan economy class. Ini merupakan sebuah area yang paling mahal, terdapat banyak area untuk bergerak, kursinya lebih besar, dan pelayanannya jauh lebih baik. Contoh: The first class price is too expensive for me. (Tiket first class terlalu mahal buat saya.)
14. Fragile (Adj)
Fragile artinya rapuh atau gampang pecah. Saat berada di bandara, terkadang kita membawa barang yang mudah rusak di perjalanan. Untuk membuat orang lain tahu mengenai hal itu dan berhati-hati, maka ada stiker bertuliskan fragile di koper kamu.
15. Gate (N)
Gate adalah pintu atau gerbang yang harus kamu ketahui secara detail agar tidak salah. Contoh: Your gate is A45.
16. Identification (ID)
ID adalah tkamu pengenal personal kamu sebagai dokumen yang menunjukkan siapa kamu. Ketika berada di pesawat untuk penerbangan luar negeri, maka ID yang diperlukan tentunya adalah passport.
17. Liquids (N)
Liquid artinya barang yang cair misalnya parfum atau air minum di dalam botol. Di dalam penerbangan, sebuah bandara tidak mengizinkan penumpang membawa lebih dari 100ml cairan. Contoh: I don’t bring a liquid with more than 100ml. (Saya tidak membawa sebuah cairan yang lebih dari 100ml.)
19. Long-haul flight (N)
Sebuah penerbangan jarak jauh misalnya dari New York ke Sidney. Contoh: I don’t like a long-haul flight because it will be tiring. (Saya tidak menyukai perjalanan jarak jauh karena itu sangat melelahkan.)
20. One-way (ticket) (N)
One way ticket maksudnya tiket sekali jalan atau satu kali dari kota asal ke kota tujuan. Contoh: I need a one way ticket to hongkong because I have to stay there for continuing my study. (Saya memerlukan one way ticket ke Hongkong karena saya harus tinggal disana untuk melanjutkan sekolah.)

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Raya sesetan Gg taman sari no 21- Bali atau segera telepon ke  081237711123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Alung Lingga

// Co-founder LEC Bali, Lead Tutor
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Artikel Lainnya

    konungsi

    Kata sambung Dalam Bahasa Inggris

    Dalam belajar Bahasa inggris, kita pastinya ingin bisa langsung  lancar berkomunikasi dengan teman kita, atau bahkan dengan natice sekalipun, tapi taukah kita, bahwa kita membutuhkan kata sampung untuk membuat percakan tersebut nyambung.nah berikut ini beberapa kata sambung yang sering kita pakai, yaitu   So                                           = jadi Even                                      = bahkan […]

    Read more

    Kursus Bahasa inggris untuk karyawan di Bali

    Lec bali, sebagai salah satu kursus Bahasa inggris yang sedang berkembang dibali, selalu berusaha untuk memberikan hasil yang lebih maksimal, sehingga apa yang menjadi target, dari company tersebut bisa di wujudkan, yaitu karyawan atau staff yang bisa menguasai Bahasa inggris yang baik dab benar, dan juga, dengan kemampuan Bahasa inggris tersebut, diharapkan mampu memberikan feedback […]

    Read more

    Kursus Private Bahasa Inggris Di Bali

    Begitu banyak kursus Bahasa inggris yang sedang menjamur dibali, tentunya kita harus jeli memilih yang mana yang terbaik untuk kita, agar target yang kita ingin capai bisa terwujud, dan berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan Ketika untuk menjatuhkan pilihan terhadap kursus tersebut. Program pengajaran / system pengajaran Program pengajaran sangat penting untuk […]

    Read more

    Homonim Dalam Bahasa Inggris

    beberapa contoh Homonim yang perlu kita ketahui dalam bahasa inggris, untuk  meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita. DATE Date bisa berarti tanggal, dan bisa juga bermakna kencan. Contoh What date is today? ( tanggal berapa hari ini ) What did you think our date last night ? ( bagaimana pendapat kamu kencan kita semalam?  WATCH Watch […]

    Read more

    Contoh Pertanyaan Saat Interview

    Interview, kadang menjadi momok yang sangat tidak mengenakkan ketika kita melamar kerja, dan pastinya semuanya pasti melewatinya, oleh karena itu berikut ini  kita lampirkan beberapa pertanyaan pertanyaan yang sering muncul di sesi interview, yang mungkin bisa membantu nantinya. Tell me about your self Tell me about your education background ? Do you have job experiences […]

    Read more

    Perbedaan Shy, Embarrassed Dan Ashamed

    Pastinya ketika kata tersebut tidak asing lagi bagi kita, karena memang sudah sering kita gunakan, tapi apakah kita sudah  bisa menggunakannya dengan benar? Karena walau artinya ketiga kata tersebut Malu, tetapi tetap mempunyai arti yang berbeda, yuk kita Bahas satu satu.  Shy.  Shy adalah malu dan berfungsi sebagai kata sifat, dan untuk jenis kata ini, […]

    Read more

    Pembentukan Kata Sifat Dengan Sufix Ful

    Setelah kita membahas  able, dan less, pada artikel sebelumnya, dan kali ini kita akan membahas ,atau memberikan beberapa Contoh kata sifat dengan suffix ful. Yuk langsung saja  ya Beauty – beautiful = cantic Color – colorful = penuh warna Grace – graceful = Anggun Care – careful = hati hati Hurt – hurtful = menyakitkan […]

    Read more

    Proses Pembentukan Kata Sifat Dengan Penambahan Akhiran Less

    Setelah sebelumnya kita membahas dengan penambahan akhiran huruf able, ( https://lecbali.com/proses-pembentukan-kata-sifat-dalam-bahasa-inggris-part-1/ ), dan berikut ini kita akan membahas part yang kedua dengan penambahan Les No Verb/Noun Adjective Meaning 1 Care Careless Ceroboh 2 Home Homeless Tidak punya rumah 3 Use Useless Tidak berguna 4 Heart Heartless Tidak punya hati 5 Speak Speakless Tidak bisa berkata […]

    Read more

    Proses Pembentukan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris part 1

    Ada beberapa proses terbentuknya kata sifat atau yang umum kita kenal  dengan Adjective dalam Bahasa inggris, dan berikut ini kita akan bahas   dengan penambahan Able   pada kata kerja. Contohnya . No Verb Adjective meaning 1 Reason Reasonable Masuk akal 2 Read Readable Dapat dibaca 3 Believe Believable Dapat di percaya 4 Adore Adorable mengagumkan 5 […]

    Read more

    LEC Sesetan

    Jl. Sesetan, Gang Taman Sari No. 21, Sesetan, Denpasar Selatan, Sesetan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80223, Indonesia

    LEC Jimbaran

    Jalan Bukit Lestari, Wahyu Residence No. 8 Jimbaran.
    ©2023 LEC Bali - Hak Cipta Dilindungi oleh Undang - Undang