Artikel

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Berbicara Bahasa Inggris

speak english, kursus bahasa inggris di bali, hal yang perlu di hindari dalam speaking englishingin fasih berbicara bahasa Inggris, inilah hal yang harus dihindari:

  1. Terlalu malu untuk berbicara

Kalau kamu malu, segalanya nggak akan mampu untuk diucapkan. Yup, satu- satunya cara untuk dapat berbicara dengan lebih baik adalah dengan berbicara dan banyak berbicara!

Ingat, apapun yang kamu lakukan, jangan berkata bahwa kamu nggak bisa berbahasa Inggris karena hal itu merupakan sugesti bagi diri sendiri untuk membuatnya menjadi kenyataan. Semakin kamu yakin dengan ketidak-mampuan itu, artinya kamu semakin menutup pikiranmu untuk menjadi lebih baik. Satu- satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan melatihnya, tak masalah akan seberapa buruk atau baiknya kamu dalam hal itu.

  1. Selalu khawatir membuat kesalahan

Sebagai orang yang sedang mempelajari hal baru, wajar jika terbersit sedikit rasa takut jika membuat kesalahan, namun tidak seharusnya terlalu khawatir. Jika kamu membuat kesalahan satu kali, itu artinya kamu diberikan jalan untuk berusaha memperbaiki diri dan mengetahui letak kesalahan yang kamu lakukan. Bagaimana jika kamu terus merasa takut? Gampang saja, kamu nggak perlu mencoba. Kabar buruknya, kamu juga nggak akan tahu bagaimana proses ke arah ‘menjadi benar’ itu seperti apa.

Sebisa mungkin buatlah banyak kesalahan, tetapi untuk yang kedua kalinya, buatlah kesalahan itu sebagai pelajaran yang tidak akan terulang lagi. Jika kamu membuat kesalahan, berarti kamu benar- benar berbicara Inggris dan menjadi lebih baik. Tentu saja, kamu harus mencoba untuk mengetahui letak kesalahanmu sehingga dapat mengambil pelajaran dan memperbaiki kemampuanmu.

Nah ini, banyak orang memiliki ketakutan akan grammar atau tata bahasa. Kamu nggak perlu grammar super sempurna kok, untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seorang native pasti akan fokus terhadap maksud dari kalimat yang kamu utarakan. Selama kamu berbicara dengan jelas dan percaya diri, tidak masalah jika kamu salah menggunakan kata, akhiran, maupun struktur kalimat. Trust LEC, it works! 🙂

Buktinya, di LEC tidak pernah belajar tata bahasa menggunakan rumus, dan membiarkan kamu belajar dari hal yang salah terlebih dahulu. Kami tidak seperti program bahasa konvensional lain yang menekankan pembelajar harus memperhatikan grammar dulu ketimbang banyaknya kalimat yang kamu ucapkan. Tidak seorangpun yang terlahir dengan bahasa Inggris sempurna: mencapai kemahiran memerlukan waktu dan kerja keras. Banyak orang Amerika yang telah sekolah selama 13 tahun dan tetap tidak belajar bagaimana berbahasa Inggris dengan baik.

Jadi jangan menciut karena kesalahan. Belajarlah untuk menghargai kesalahan untuk menjadikan mereka contoh pembelajaran.

  1. Meminta maaf atas level yang kamu punya

Ini sama seperti kamu tidak pernah menghargai kemampuan bahasa Inggris yang kamu punya, dengan segala usaha yang kamu lakukan. Orang “normal’ yang juga sama-sama pernah belajar tidak akan pernah tersinggung dengan tingkatan seseorang dalam bahasa Inggris dan pasti tidak akan kecewa ketika kamu membuat kesalahan. Kebanyakan orang meminta maaf untuk level bahasa Inggris, mungkin merasa bahwa mereka seharusnya berbicara lebih baik daripada yang mereka lakukan. Nggak apa sih berpikir seperti ini, saya juga dulu pernah. Tapi jangan keterusan. Mencapai kefasihan dalam setiap bahasa adalah proses yang memakan waktu, dan belajar bahasa manapun tidak akan bisa menjadi fasih dalam semalam. Kamu sudah berusaha keras untuk berada di posisi sekarang. Ya kan?

  1. Frustasi pada kemampuan sendiri

Selama mempelajari bahasa Inggris akan muncul frustasi. Di beberapa titik akan tiba tahap dimana kamu tidak akan dapat sepenuhnya mengungkapkan hal yang ingin kamu katakan atau menemukan kata yang tepat untuk diungkapkan. Satu- satunya cara untuk mengakhiri frustasi ini adalah dengan berlatih, berlatih, dan berlatih.

Rasa frustas ini bukan karena kamu nggak pintar atau bahasa ini terlalu sulit lho, tapi ini merupakan hal normal untuk dilewati semua orang yang sedang belajar. Dengan terus berlatih diiringi bertambahnya pengetahuan, kamu bisa melewati tahap ini dengan lebih cepat.

  1. Menganggap hal yang personal ketika orang lain tidak menangkap maksudmu

Ada saatnya kok, waktu kamu mencoba ngomong sama orang dalam bahasa Inggris sekeras yang kamu bisa tapi mereka nggak mengerti maksudmu. Ini bukan salahmu. Memang ada beberapa aksen yang sulit kita mengerti cara pengucapannya atau malah mereka yang memang tidak mengerti aksen yang kita punya. Jadi ini lebih kepada refleksi dari kurangnya pengetahuan terhadap orang lain yang berbeda.

  1. Membandingkan dirimu dengan orang lain

Mereka tidak akan tahu berapa lama kamu telah bekerja keras untuk berada di posisi sekarang, dan bagaimana perjuangan yang telah kamu lewati untuk sampai di level tersebut, di level manapun. Jadi jangan pernah cara berbicara yang kamu punya dengan orang lain, merendahkan maupun merasa rendah diri.

  1. Merasa sombong dan tidak perlu belajar ketika kamu fasih

Bahasa Inggris itu bukanlah chip dalam otak, tapi proses belajar. Setiap orang harus menyadari bahwa mereka tidak memiliki kefasihan yang sempurna, mereka tidak berhasrat dan selalu berusaha mendekati itu.

Orang yang sedang dalam pembelajaran cenderung malas, dan itu fakta yang berlaku menyeluruh di setiap proses, dimana jika kamu tidak belajar tentu kemampuanmu semakin menurun. Nah, nggak perlu sombong, dan tetap percaya diri pada kadarnya!

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Raya sesetan Gg taman sari no 21- Bali atau segera telepon ke  081237711123 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

LEC Bali, We are your English solution

Alung Lingga

// Co-founder LEC Bali, Lead Tutor
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Artikel Lainnya

    Perbedaan Must dan Have to

    Kita pastinya tidak asing dengan kedua kata tersebut, namun, walau mempunyai arti yang sama, yaitu harus, tetap mempunyai perbedaan loh, yuk kita cari tau letak perbedaannya. Must  adalah kewajiban atau keharusan yang berasal dari diri sendiri, dan tidak ada campur tangan orang lain, dan keharusan ini bukan suatu hukuman . dan bisa juga bermakna, menunjukkan […]

    Read more
    konungsi

    Kata sambung Dalam Bahasa Inggris

    Dalam belajar Bahasa inggris, kita pastinya ingin bisa langsung  lancar berkomunikasi dengan teman kita, atau bahkan dengan natice sekalipun, tapi taukah kita, bahwa kita membutuhkan kata sampung untuk membuat percakan tersebut nyambung.nah berikut ini beberapa kata sambung yang sering kita pakai, yaitu   So                                           = jadi Even                                      = bahkan […]

    Read more

    Kursus Bahasa inggris untuk karyawan di Bali

    Lec bali, sebagai salah satu kursus Bahasa inggris yang sedang berkembang dibali, selalu berusaha untuk memberikan hasil yang lebih maksimal, sehingga apa yang menjadi target, dari company tersebut bisa di wujudkan, yaitu karyawan atau staff yang bisa menguasai Bahasa inggris yang baik dab benar, dan juga, dengan kemampuan Bahasa inggris tersebut, diharapkan mampu memberikan feedback […]

    Read more

    Kursus Private Bahasa Inggris Di Bali

    Begitu banyak kursus Bahasa inggris yang sedang menjamur dibali, tentunya kita harus jeli memilih yang mana yang terbaik untuk kita, agar target yang kita ingin capai bisa terwujud, dan berikut ini ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan Ketika untuk menjatuhkan pilihan terhadap kursus tersebut. Program pengajaran / system pengajaran Program pengajaran sangat penting untuk […]

    Read more

    Homonim Dalam Bahasa Inggris

    beberapa contoh Homonim yang perlu kita ketahui dalam bahasa inggris, untuk  meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita. DATE Date bisa berarti tanggal, dan bisa juga bermakna kencan. Contoh What date is today? ( tanggal berapa hari ini ) What did you think our date last night ? ( bagaimana pendapat kamu kencan kita semalam?  WATCH Watch […]

    Read more

    Contoh Pertanyaan Saat Interview

    Interview, kadang menjadi momok yang sangat tidak mengenakkan ketika kita melamar kerja, dan pastinya semuanya pasti melewatinya, oleh karena itu berikut ini  kita lampirkan beberapa pertanyaan pertanyaan yang sering muncul di sesi interview, yang mungkin bisa membantu nantinya. Tell me about your self Tell me about your education background ? Do you have job experiences […]

    Read more

    Perbedaan Shy, Embarrassed Dan Ashamed

    Pastinya ketika kata tersebut tidak asing lagi bagi kita, karena memang sudah sering kita gunakan, tapi apakah kita sudah  bisa menggunakannya dengan benar? Karena walau artinya ketiga kata tersebut Malu, tetapi tetap mempunyai arti yang berbeda, yuk kita Bahas satu satu.  Shy.  Shy adalah malu dan berfungsi sebagai kata sifat, dan untuk jenis kata ini, […]

    Read more

    Pembentukan Kata Sifat Dengan Sufix Ful

    Setelah kita membahas  able, dan less, pada artikel sebelumnya, dan kali ini kita akan membahas ,atau memberikan beberapa Contoh kata sifat dengan suffix ful. Yuk langsung saja  ya Beauty – beautiful = cantic Color – colorful = penuh warna Grace – graceful = Anggun Care – careful = hati hati Hurt – hurtful = menyakitkan […]

    Read more

    Proses Pembentukan Kata Sifat Dengan Penambahan Akhiran Less

    Setelah sebelumnya kita membahas dengan penambahan akhiran huruf able, ( https://lecbali.com/proses-pembentukan-kata-sifat-dalam-bahasa-inggris-part-1/ ), dan berikut ini kita akan membahas part yang kedua dengan penambahan Les No Verb/Noun Adjective Meaning 1 Care Careless Ceroboh 2 Home Homeless Tidak punya rumah 3 Use Useless Tidak berguna 4 Heart Heartless Tidak punya hati 5 Speak Speakless Tidak bisa berkata […]

    Read more

    LEC Sesetan

    Jl. Sesetan, Gang Taman Sari No. 21, Sesetan, Denpasar Selatan, Sesetan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80223, Indonesia

    LEC Jimbaran

    Jalan Bukit Lestari, Wahyu Residence No. 8 Jimbaran.
    ©2023 LEC Bali - Hak Cipta Dilindungi oleh Undang - Undang